PENGARUH EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN, SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, DAN BUDAYA KERJA TERHADAP MOTIVASI GURU SMA AL-KHAIRIYAH

Oleh:
Ris Handayani *)
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh evaluasi program pendidikan terhadap motivasi guru di Sekolah Menengah Atas Al-Khairiyah. 2) Untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap motivasi guru di Sekolah Menengah Atas Al-Khairiyah. 3) Untuk mengetahui pengaruh budaya kerjaterhadap motivasi guru di Sekolah Menengah Atas Al-Khairiyah. 4) Untuk mengetahui pengaruh evaluasi program pendidikan, supervisi kepala sekolah dan budaya kerjasecara bersama-sama terhadap motivasi guru di Sekolah Menengah Atas Al-Khairiyah.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah guruSekolah Menengah Atas Al-Khairiyah. Dengan teknik simple random sampling, diambil sampel sebanyak 45 Pegawai pada Sekolah Menengah Atas Al-Khairiyahsebagai responden dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat Pengaruh Evaluasi Program Pendidikan terhadap Motivasi Guru. 2) Terdapat Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Motivasi Guru. 3) Terdapat Pengaruh Budaya Kerja (X3) terhadap Motivasi Guru (Y). 4) Terdapat pengaruh evaluasi program pendidikan (X1), supervisi kepala sekolah (X2) dan budaya kerja (X3) secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap motivasi guru (Y).
Key words:
Evaluasi Program Pendidikan, Supervisi Kepala Sekolah, Budaya Kerja, Motivasi Guru