PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA TELLER PT. BANK CENTRAL ASIA KANTOR CABANG UTAMA DAAN MOGOT

Oleh:
Rr. Titin Maidarti *)
Nurjanah Winarya **)
Pelatihan dan motivasi merupakan dua dari beberapa faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi kinerja teller PT Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Utama Daan Mogot. Untuk membuktikan pengaruh keduanya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap kinerja teller PT Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Utama Daan Mogot.Penelitian ini dilakukan di PT Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Utama Daan Mogot dengan mengambil 44 teller sebagai sampel penelitian yang dihitung menggunakan rumus slovin dari total populasi 77 teller pada margin error 5%. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup lima skala penilaian dari sangat tidak setuju sampai dengan sangat setuju. Penelitian dilakukan secara kuantitatif, analisis regresi sederhana dan berganda digunakan sebagai alat analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji f.Penelitian menghasilkan tiga temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu : 1) Pelatihan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja teller; ) Motivasi memiliki pengaruh yang positif terhadap kinerja teller; 3) Pelatihan dan motivasi secara bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap kinerja teller.
Key words:
Pelatihan, Motivasi, Kinerja