ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PERUMAHAN BUKIT AZ-ZIKRASENTUL

Oleh:
Agus Sudigdo *)
Kualitas layanan jasa dapat diukur dengan melihat seberapa jauh efektifitas layanan jasa dapat mempertipis kesenjangan antara harapan dengan layanan jasa yang diberikan dan Tingkat kepuasan penghuni atas suatu pelayanan dapat diukur dengan membandingkan antara harapan penghuni terhadap kualitas pelayanan yang diinginkannya dengan kenyataan yang diterimanya. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat harapan dan kinerja dari fasilitas lingkungan, utilitas, keamanan, sosial, ibadah, dan program ibadah.
Data mengenai fasilitas lingkungan, utilitas, keamanan, sosial, ibadah, dan program ibadah dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakankuesioner. Responden pada penelitian ini diambil sebanyak 25 orang penghuni Perumahan Bukit Az-Zikra Sentul berdasarkanmetode sampling jenuh dimanaseluruh sample yang terdapat di dalam populasi diikutsertakan. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik Importance Performance Analysis (IPA).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan penghuni secara keseluruhan terhadap fasilitas lingkungan dikategorikan tidak memuaskan, fasilitas utilitas dikategorikan kurang memuaskan, fasilitas keamanan kurang memuaskan, fasilitas ibadah dikategorikan cukup memuaskan, dan program ibadah dikategorikanmemuaskan. Dari 26 indikator yang dianalisis maka ada 9indikator yang masuk dalam kuadran A, yaitu prioritas utama, 7 indikator yang masuk dalam kuadran B (persepsi dan harapan sudah sesuai), yang masuk dalam kuadran C ada 9 indikator (dinilai rendah prioritasnya), dan ada 1indikator yang masuk dalam kuadran D (dinilai berlebihan oleh siswa). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa banyak jumlah Penghuni yang menyatakan belum atau tidak puas terhadap Pengembang karena Fasilitas yang disediakan belum memadai dan sesuai harapan Penghuni dimana hal ini berbeda dengan promosi yang dilakukan maupun garansi Pengembang atas Fasilitas perumahan yang dijanjikan.
Key words:
mengenai fasilitas lingkungan, utilitas, keamanan, sosial, ibadah, dan program ibadah