PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN PADA MAIDA RESTO TEBET
Sri Pujiyanti
Rasipan
ABSTRAK
Kualitas Produk dan Pelayanan merupakan salah satu factor yang diduga berpengaruh
besar terhadap Kepuasaan Pelanggan pada Maida Resto. Untuk membuktikan keduanya
maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk
dan Pelayanan terhadap Kepuasaan Pelanggan pada Maida Resto Tebet.
Penelitian ini dilakukan di Maida Resto Tebet dengan mengambil sample sebanyak 100
orang dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat kuantitatif yaitu
dengan mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi, uji normalitas
dan analisis Regresi Berganda. Pengambilan data dilakukan dengan instrument kuesioner
skala likert.
Penelitian ini menghasilkan tiga temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan,
yaitu : 1). Kualitas Produk tidak memiliki pengaruh terhadap Kepuasaan Pelanggan pada
Maida Resto dengan arah yang negatif; 2). Pelayanan memiliki pengaruh terhadap
Kepuasaan Pelanggan pada Maida Resto dengan arah yang positif; 3). Kualitas Produk
dan Pelayanan memiliki pengaruh terhadap variasi Kepuasaan Pelanggan pada Maida
Resto dengan arah positif.
Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan Kepuasaan Pelanggan
pada Maida Resto disarankan agar dilakukan upaya lebih baik lagi terkait kualitas produk
dan pelayanan.
Kata kunci : Kualitas Produk, Pelayanan, dan Kepuasaan Pelanggan