PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSI DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA BEKASI

Anik Ariyanti
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh parsial dan simultan antara
kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja
pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kota Bekasi.Dari hasil perhitungan dapat diketahui
bahwa kecerdasan intelektual terbukti mempunyai pengaruh terhadap kinerja. Besaran
pengaruh kecerdasan intelektual terhadap kinerja ditandai dengan nilai persamaan regresi
sebesar 0,307 dengan nilai t titung sebesar 2,992, pada nilai signifikansi sebesar
0,005<0,05. Artinya pengaruh kecerdasan intelektual secara parsial terhadap kinerja
adalah signifikan. Diketahui bahwa kecerdasan emosi terbukti mempunyai pengaruh
terhadap kinerja. Besaran pengaruh kecerdasan emosi terhadap kinerja ditandai dengan
nilai persamaan regresi sebesar 0,327 dengan nilai t hitung sebesar 3,301, pada nilai
signifikansi sebesar 0,002<0,05. Artinya pengaruh kecerdasan emosi secara parsial
terhadap kinerja adalah signifikan.Diketahui bahwa kecerdasan spiritual terbukti
mempunyai pengaruh terhadap kinerja. Besaran pengaruh kecerdasan spiritual terhadap
kinerja ditandai dengan nilai persamaan regresi sebesar 0,356 dengan nilai t titung
sebesar 3,511, pada nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05. Artinya pengaruh kecerdasan
spiritual secara parsial terhadap kinerja adalah signifikan.
Diketahui bahwa data untuk kinerja terbukti valid dan reliabel. Secara simultan
kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual terbukti mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kota
Bekasi. Besaran pengaruh dari ketiga variabel kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi
dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja ditandai dengan F hitung sebesar 22,855, pada
nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, artinya signifikan. Kontribusi yang diberikan oleh
kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi, dan kecerdasan spiritual ditandai dengan nilai
Adjusted R Square menunjukkan nilai sebesar 0,659atau 65,9%, artinya kecerdasan
intelektual, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual secara simultan dapat
menerangkan kinerja sebesar 65,9%, sedangkan sisanya 34,1% diterangkan variabel lain
yang tidak ikut diteliti.
Kata Kunci: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Kinerja