ANALISIS STRATEGI UNTUK MERAIH KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT MEMILIH KULIAH DI STIE BIMA KOTA BIMA NUSA TENGGARA BARAT

ANNA WULANDARI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh segmentasi,
targeting, dan positioning terhadap keputusan masyarakat memilih kuliah di STIE Bima,
serta untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh keputusan masyarakat memilih
kuliah di STIE Bima terhadap keunggulan bersaing. Penelitian dilakukan di STIE Bima
Kota Bima Nusa Tenggara Barat dengan mengambil 110 orang siswa-siswi
SMA/MA/SMK sederajat, karyawan, pengusaha, pegawai pemerintah/swasta sebagai
sampel penelitian. Data dianalisis dengan Model Persamaan Struktural dan dibantu
dengan software AMOS. Penelitian menyimpulkan bahwa 1) segmentasi tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat memilih kuliah di STIE Bima ; 2)
Targeting berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat memilih kuliah di STIE
Bima dengan arah positif; 3) Positioning berpengaruh signifikan terhadap keputusan
masyarakat memilih kuliah di STIE Bima dengan arah positif; 4) Keputusan masyarakat
memilih kuliah di STIE Bima berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing
dengan arah positif. Untuk meraih keunggulan bersaing disarankan agar STIE Bima
berupaya meningkatkan keputusan masyarakat memilih kuliah di STIE Bima melalui
penerapan strategi targeting dan positioning yang tepat.
Kata kunci : segmentasi, targeting, positioning, keputusan pembelian, keunggulan
bersaing.