PENGARUH ORIENTASI PASAR INOVASI PRODUK DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION
Astri Siti Aprilina
ABSTRAK
Kondisi persaingan di bidang perekonomian pada saat ini cukup ketat dan komplek. Setiap perusahaan dituntut untuk selalu mengerti dan memahami apa yang terjadi di pasar dan apa yang menjadi keinginan konsumen, serta perubahan yang ada agar mampu bersaing dengan pihak pesaing. Perubahan disini terkait dengan bagaimana perusahaan berinovasi untuk menjawab apa yang menjadi keinginan konsumen, persaingan dengan kompetitor yang lain, serta perubahan yang terjadi di pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara Orientasi Pasar terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Untuk mengetahui pengaruh antara Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Untuk mengetahui pengaruh antara Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Untuk mengetahui pengaruh antara antara Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat Terdapat Pengaruh antara Orientasi Pasar terhadap Keputusan Pembelian. Terbukti diperolehnya nilai thitung untuk variabel Orientasi Pasar (X1) sebesar 5.966 sedangkan nilai ttabel untuk N = 100 adalah sebesar 1.990, jadi 5.966 > 1.990 atau nilai thitung > ttabel, Dengan terbukti thitung > ttabel, dapat dinyatakan bahwa Orientasi Pasar memang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Terdapat Pengaruh antara Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian. Terbukti diperolehnya nilai thitung untuk variabel Inovasi Produk (X2) sebesar 3.390 sedangkan nilai ttabel untuk N = 100 adalah sebesar 1.990. Jadi 3.390 > 1.990 atau nilai thitung > ttabel, Dengan terbukti thitung > ttabel, dapat dinyatakan bahwa Inovasi Produk memang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Terdapat Pengaruh antara Merek terhadap Keputusan Pembelian. Terbukti diperolehnya nilai thitung untuk variabel Merek (X3) sebesar 3.285 sedangkan nilai ttabel untuk N = 100 adalah sebesar 1.990. Jadi 3.285 > 1.990 atau nilai thitung > ttabel, Dengan terbukti thitung > ttabel, dapat dinyatakan bahwa Merek memang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion.
Terdapat Pengaruh antara Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Merek secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian. Terbukti diperolehnya nilai Fhitung sebesar 39.695 Sedang Ftabel (a 0,05) untuk N = 100 adalah sebesar 2.46. Jadi F hitung > dari F tabel (a 0,05) atau 39.695 > 2.46 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 karena 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa Orientasi Pasar (X1), Inovasi Produk (X2) dan Merek (X3) secara bersama-sama memang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) Produk Fashion. Sedangkan nilai R Square (R2) sebesar 0,554. Hal ini menunjukan bahwa sebesar 55.4% Orientasi Pasar (Variabel X1), Inovasi Produk (X2) dan Merek (X3) secara simultan memang memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Variabel Y) sedangkan sisanya sebesar 44.6% dipengaruhi faktor lain.
Kata Kunci : Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Merek, Kepuasan.