HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN EFEKTIVITAS BELAJAR DENGAN KESEMPATAN KERJA
Siti Syamsiah
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara motivasi belajar dan efektivitas belajar dengan kesempatan kerja. Seberapa besar variabel – variabel bebas tersebut berpengaruh terhadap variabel terikat.
Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan sampel sebanyak 30 orang mahasiswa semester 8. Pengambilan sampel dilakukan secara acak di program studi IKK. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, perhitungan reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Dari hasil perhitungan untuk variabel motivasi belajar diperoleh nilai korelasi product momen sebesar 0,742. Untuk variabel efektivitas belajar diperoleh nilai korelasi product momen sebesar 0,913. Sedangkan untuk variabel kesempatan kerja diperoleh nilai korelasi product momen sebesar 0,857. Dari keseluruhan data pada tiap variabel dinyatakan valid dan reliabel.
Pengujian normalitas data yang diperoleh dengan menggunakan Chi Kuadrat. Untuk variabel motivasi belajar diperoleh nilai Chi Kuadrat hitung sebesar 9,07. Untuk variabel efektivitas belajar diperoleh nilai Chi Kuadrat hitung sebesar 8,58. Sedangkan untuk variabel kesempatan kerja diperoleh nilai Chi Kuadrat hitung sebesar 8,70. Berdasarkan Tabel Chi Kuadrat dengan derajat kebebasan ( dk ) 5, dan tingkat kesalahan yang ditetapkan 5%, nilai Chi Kuadrat Tabel adalah 11,07. Karena nilai Chi Kuadrat hitung < Chi Kuadrat tabel, maka berarti data seluruh variabel berdistribusi normal.
Dari data hasil pengujian hipotesis dapat diinterpretasikan sebagai berikut :
Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan kesempatan kerja. Hal ini dapat diartikan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesempatan kerja, namun pengaruhnya kecil. Sedangkan untuk variabel efektivitas belajar juga terdapat hubungan positif dengan kesempatan kerja. Hal ini dapat diartikan bahwa efektivitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesempatan kerja, dan pengaruhnya cukup kuat. Secara bersama-sama variabel motivasi belajar dan efektivitas belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesempatan kerja.
Kata kunci : motivasi belajar, efektivitas belajar, kesempatan kerja.