ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP JASA PENGIRIMAN BARANG JNE CABANG RAWA LUMBU

Rr. Titin Maidarti

 

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial fasilitas, keamanan dan harga terhadap kepuasan konsumen jasa pengiriman barang JNE cabang Rawa Lumbu. Kepuasan konsumen merupakan hal yang penting untuk dilakukan suatu perusahaan untuk mengatasi persaingan yang ketat di dunia usaha sekarang ini. Penelitian ini adalah studi kasus pada warga perumahan Rawa Lumbu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada responden. Populasi dari penelitian ini adalah warga perumahan Rawa Lumbu yang pernah menggunakan jasa pengiriman barang JNE, yang diteliti sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan uji Hipotesis, yaitu uji F dan uji t.Dari penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan uji statistik bahwa variabel label, merek dan harga secara bersama sama ( simultan – uji F ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen jasa pengiriman barang JNE cabang Rawa Lumbu. Berdasarkan uji t label berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, sedangkan merek dan harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen produk shampo Dove. Dari penelitian ini diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,86 hal tersebut berarti 86 % variabel loyalitas konsumen dapat dijelaskan oleh variabel independennya, yaitu label, merek, dan harga sedangkan sisanya sebesar 14% dijelaskan oleh variabel variabel lain di luar penelitian ini.

 

Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Fasilitas, Keamanan, Harga.